Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows

Advertisemen
Pengguna windows mungkin pernah atau sering mengalami Blue Screen of Death atau yang lebih dikenal dengan sebutan BSOD. BSOD dapat terjadi karena software atau hardware pada komputer mengalami crash atau konflik sehingga ada kesalahan fatal pada windows yang mengarah ke blue screen dengan menampilkan pesan kesalahan.

Saat komputer Anda mengalami BSOD, tentu akan Membuat Anda kesal terutama pada saat itu sedang mengerjakan tugas mungkin data yang tersimpan akan hilang. Jika BSOD terjadi maka tidak ada pilihan lain selain mematikan paksa komputer atau instal ulang windows.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana blue screen dapat terjadi dan beberapa solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Blue Screen

Blue screen terjadi karena konflik dan crash pada driver atau file yang mengalami kerusakan pada sistem windows.

Pemasangan hardware yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan blue screen, serta instalasi software yang tidak mendukung sistem operasi windows juga dapat menyebabkan crash pada sistem sehingga blue screen terjadi.

Konflik berikutnya seperti terjadinya kesalahan pada RAM, Hard disk yang memiliki bad sector, konektor kabel tidak terpasang dengan benar atau kerusakan port komputer.

Cara Mengatasi Blue Screen

1. Lakukan system restore

Jika mengalami blue screen untuk pertama kalinya, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengembalikan sistem ke keadaan sebelumnya atau dimana masalah blue screen belum terjadi.

2. Perikasa hardware

Coba periksa atau bersihkan hardware komputer, perhatikan pemasangan memori RAM, serta hard disk dan instalasi hardware lainnya, pastikan semua perangkat terpasang dengan benar.

3. Update driver

Driver yang telah usang dapat menjadi penyebab BSOD, cobalah untuk memperbaruhi atau meng-unistall driver dan kemudian instal lagi.

4. Virus dan malware

Virus atau varian dari malware lain juga bisa menyebabkan BSOD, terutama jika komputer tidak menggunakan Antivirus.

Untuk memperbaikinya, Anda harus menggunakan antivirus atau anti malaware, dan lakukan scanning pada semua file untuk membersihkan sistem dari virus dan malware.

5. Instal ulang windows

Jika cara diatas tidak berhasil, maka Anda harus melakukan perbaikan pada windows untuk memperbaiki file windows yang rusak, seperti file registry atau file lainnya.

Kesimpulan

Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil maka penyebanya adalah hardware yang telah rusak, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Itulah Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows, semoga dapat membantu permasalahan yang dialami.
Advertisemen
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Hownesia- Diberdayakan oleh Blogger