Tips Agar Semangat Bangun di Pagi Hari

Advertisemen
Bagi sebagian orang, bangun pagi menjadi hal yang paling sulit dilakukan. Tapi bukan berarti tidak bisa diusahakan kan? Kalau tahu efek baik bangun pagi pasti tidak bermalas-malasan lagi. Beberapa manfaat bangun pagi yang bisa kita rasakan antara lain tubuh menjadi segar, meningkatkan daya ingat, melancarkan peredaran darah dan menyehatkan seperti jantung dan paru-paru. Bangun pagi juga memiliki efek baik bagi kesehatan tulang dengan memanfaatkan pancaran sinar matahari.

Bagi Anda yang susah bangun pagi, kami memberikan Tips Supaya Semangat Bangun Pagi. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

Jangan telat makan

Tubuh kita perlu asupan yang cukup bahkan saat tidur. Jangan sampai karena alasan diet lalu meninggalkan makan malam. Bagusnya makan tepat waktu, jangan makan terlalu banyak saat akan tidur, dan sebaiknya makan dua jam sebelum kita tidur.

Letakkan alarm agak jauh dari tempat tidur kita

Kebiasaan menyalakan alarm berkali-kali karena takut akan kesiangan justru membuat kualitas tidur kita menjadi semakin buruk. Apalagi kalau alarm disetting dari HP lalu dibuat mode snooze. Lebih baik, nyalakan alarm sekali saja dari jam weaker atau boleh dari HP kita, tetapi letakkan agak jauh dari tempat tidur.

Rencanakan rutinitas pagi hari

Kata siapa sesuatu yang rutin tidak perlu direncanakan? Kadang rutinitas juga bisa membuat kita malas jika tidak terencana dengan baik. So, tidak ada salahnya buat catatan di malam sebelumnya untuk hal-hal yang akan kita lakukan di pagi hari. Beberapa orang juga tidak selalu terjadwal kegiatannya, tapi bisa disiasati dengan mengatur waktu untuk kegiatan rutin di pagi hari. Manfaatnya adalah tidak ada kegiatan yang over time. Contoh: mandi maksimal 15 menit, sarapan, merapikan tempat tidur, dll.

Tidur yang cukup di malam hari

Untuk orang dewasa, usahakan tidur cukup 6-8 jam pada malam hari. Dengan tidur cukup metabolisme tubuh juga akan terjaga dengan baik dan bangun pagi akan lebih segar. Poin ini memang agak susah apalagi untuk orang yang “nocturnal” alias suka begadang. Tapi hidup sehat memang harus dimulai.

Minum susu sebelum tidur

Susu hangat efektif untuk membuat tubuh relaks dan tidur nyenyak. Tapi kebanyakan orang takut akan gemuk jika minum susu sebelum tidur. Padahal jika polanya benar minum susu juga bagian dari pola diet sehat. Kalau sudah minum susu jangan lupa sikat gigi.

Matikan HP

Salah satu kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan adalah bermain HP menjelang tidur, lalu meletakkannya di dekat kita. Selain efek blue light yang tidak bagus untuk mata, menyalakan HP juga bisa membuat tidur kita tidak nyenyak. Godaan jaman teknologi adalah terus menerus mengikuti timeline media sosial di dunia maya, tapi sadarilah bahwa kita tidur di dunia nyata.

Persiapkan keperluan esok hari pada malam sebelumnya

Baju yang akan dipakai buat kuliah atau ke kantor, tas, bekal makan, dan perlengkapan lain sebaiknya disiapkan sebelum kita pergi tidur. Fungsinya supaya besok pagi kita tidak buru-buru. Lumayan kan pagi harinya kita tidak disibukkan dengan baju yang lecek, kaos kaki ditaruh dimana, tas yang isinya masih berantakan. Semuanya butuh effort!

Berdoa

Sebelum tidur jangan lupa berdoa supaya tidur kita dilindungi dan bisa bangun dalam kondisi yang baik keesokan paginya. Berdoa juga sebagai wujud syukur bahwa kita masih punya kesempatan tidur dan memohon untuk dibangunkan kembali esok pagi.

Relaksasi atau olahraga di pagi hari

Jika rutinitas pagi sudah terencana, keperluan sudah disiapkan pada malam sebelumnya, maka kita punya waktu pagi yang lebih bisa dimanfaatkan. Sarapan pagi sambil minum kopi dan baca koran, atau ambil gerakan pemanasan ringan buat olahraga. Jadi lebih sehat, kan?

Berangkat tepat waktu

Penting banget nih untuk leave our house on time, selain menjadi tidak terburu-buru kita juga bisa menghindari kondisi perjalanan yang mungkin saja macet apalagi jika tinggal di ibukota. Jangan kalah sama ayam berkokok yang udah cari makan dari habis subuh.

Pada dasarnya setiap orang punya cara tersendiri untuk bisa bangun pagi dengan segar, tapi tidak ada salahnya mencoba  tips di atas. Semangat pagi!
Advertisemen
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Hownesia- Diberdayakan oleh Blogger